Rabu, 11 Maret 2009

Rossi Menghimbau Tim Privateer Dikasih Motor Balap


Rabu, 11/3/2009 | 18:04 WIB

ITALIA,KOMPAS.com - Juara dunia MotoGP 2008 Valentino Rossi mempunyai gagasan untuk lebih menggairahkan suhu kompetisi balap motor. Pembalap kelahiran urbino, Italia ini mengusulkan agar para pabrikan motor menyuplai motor balap kepada tim privateer. Kemudian, hentikan dominasi kemenangan yang diraih tim pabrikan.

Pembalap andalan tim Fiat-Yamaha itu merasakan bahwa belum pernah sekalipun tim satelit apalagi privateer pernah memenangkan balapan. Terakhir kali diukir Toni Elias pada 2006 bersama tim Grasini Honda di Estoril, Portugal. Rossi merasakan gap antara tim pabrikan dan private sekarang menjadi begitu jauh.

"Motor kami sangat canggih dan itu hanya beberapa manufaktur yang bisa melakukannya," komentar The Doctor - julukan Rossi - kepada Motosprint. Sampai 2006, lanjutnya hanya Marco (Melandri) yang bisa fight dari kelompok perseorangan. Tapi, sejak 2007 dengan berubah kapasitas motor menjadi 800 cc, jarak antara kubu prinsipal dan perseorangan bagaikan bumi dan langit. "MotoGP kini menjadi milik tim elit dan itu sangat tidak baik," kritiknya.

Rossi mengusulkan, motor balap dari tim pabrikan yang sudah lama bisa diberikan kepada tim private. "Ketimbang motor 'dihancurkan' setiap akhir tahun, lebih baik dijual ke privateer supaya mereka bisa menurunkan dua pembalap," usulnya.

Ia percaya, masalah ini bisa dilakukan melalui program radikal, seperti penyunatan anggaran yang rencana akan dijalankan 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar